Selasa, 08 Mei 2012

Arti Kebahagiaan

Suatu waktu ada seorang yang sangat kaya dan sukses. Dia punya uang dan harta yang banyak sekali dan dia dikagumi dan dihormati oleh masyarakat disekitarnya. Namun, ia tahu bahwa ada sesuatu yang hilang dalam hidupnya. Dia tidak bahagia. Sepanjang hidupnya ia telah mengejar kebahagiaan  tapi tidak pernah bisa menemukannya.

Kemudian suatu hari ia mendengar tentang sebuah kuil tersembunyi di Nepal yang memiliki ruangan khusus yang berisi rahasia menuju kebahagiaan. Dia segera menjual seluruh harta miliknya dan berangkat untuk mencari kuil tersembunyi itu. Setelah bertahun-tahun mencari dan tak terbilang banyaknya kesulitan, ia tiba di sana. Dia lelah dan sudah tidak punya apa-apa lagi, tetapi dia tahu bahwa tidak ada yang penting sekarang bahwa ia telah menemukan kuil tersebut.

Dia meminta seorang bhikkhu yang bijaksana agar memperkenankannya masuk ke ruangan khusus tersebut. Biarawan itu setuju dan menunjukkan tangga menuju ke kamar. Dia naik dengan kaki gemetar dengan antisipasi dan perlahan membuka pintu. Dia menatap ke dalam ruangan dengan sinar matahari menembus melalui jendela dan melihat apa yang ada dalam ruangan itu dan sekarang dia menemukannya. Ada sebuah cermin yang tergantung di tembok diruangan itu.

Pria itu menatap bayangannya di cermin dan tertawa.....

Sudah saatnya kita semua menyadari bahwa KITA adalah rahasia untuk kebahagiaan kita sendiri. Kebahagiaan adalah pilihan yang kita buat dalam menjalani kehidupan ini. Tuhan mengasihi kita dan memberi kita masing-masing kemampuan untuk mengisi hidup kita dengan kasih, sukacita, kedamaian, kebahagiaan, dan kesatuan dengan-Nya.

Tidak masalah apakah situasi lahiriah kita baik atau buruk, karena Tuhan telah menganugerahkan kelebihan dan kekurangan dalam diri kita masing-masing.

Jangan menghabiskan sisa hidup Anda untuk mencari  kebahagiaan itu, karena kebahagiaan itu bersumber dari dalam diri kita masing-masing.

Lihat saja di cermin dan tertawalah... Biarkan aliran kebahagiaan dari hati Anda, pikiran, dan jiwa sampai memenuhi hidup Anda dan kehidupan semua orang di sekitar Anda.

1 komentar: