Kamis, 04 Agustus 2011

10 Teknologi yang Terancam Punah



Banyak hal yang tidak dapat kita lupakan dalam dunia digital, sepertinya masa-masa jaya beberapa barang tersebut dibawah ini sudah/akan lewat...





1. TV ANALOG
Menurut sebuah penelitian dipasar Eropa, 6,8juta perangkat rumah tangga ini tidak menampilkan gambar pada tanggal 30 April 2012.  Pasalnya, pemancaran sinyal satelit analog akan dihentikan.  TV masa depan sudah Digital.




2. PENYIMPANAN MAGNETIS
Dimasa depan kita tidak lagi mendengar bunyi penutup Disket. Sony telah mengumumkan bahwa mereka menghendikan produk Disket.  Nasip penyimpanan magnet bakal menyusul kaset musik dan video.


3. GAME CONTROLLER
Selamat tinggal tombol-tombol Nintendo dan Vibration Controller pada Sony.  Saat ini, game controller seperti Wii Controller sudah dikendalikan melalui motion controller.  Bahkan Microsoft mengembangkan "Project Natal"(2010) untuk Xbox 360 yang memanfaatkan tubuh gamer sebagai input controller dengan bantuan kamera.


4. MESIN FAKS
Menurut sebuah statistik, hampir semua perusahaan memiliki mesin faks.  Namun, dengan munculnya e-mail dan digital signature, tugas dari mesin faks sudah selesai.  Sama seperti pengguna e-mail, sudah lama pengguna mesin faks berjuang melawan spam.



5. CHARGER
Listrik dari kabel bakal menjadi sejarah.  Di masa depan, perangkat yang menggunakan baterai dapat diisi melalui medan induksi.  Bahkan sumber listrik pun berubah.  Dengan "Magic Charger" listrik dapat dihasilkan dengan cara memutar-mutar magic cube tersebut.




6. PENYIMPANAN OFFLINE
Seiring dengan waktu, data tidak lagi disimpan pada komputer lokal, melainkan pada cloud.  Internet menawarkan ruang penyimpanan yang tidak terbatas.





7. KEYBOARD & MOUSE
Setelah penemuan touchscreen dan touchpad, keyboard dan mouse kehilangan masa jayanya.  Bila voice recognition sudah lebih baik, nantinya anda dapat mendikte teks dan tidak perlu lagi mengetik manual.






8. TELEPON SATELIT
Kecuali di lautan bebas yang tidak terjangkau oleh jaringan mobile, telepon satelit bakal menjadi koleksi musium.





9. TV PLASMA
Walaupun TV Plasma 3D memberikan kualitas yang lebih baik, perangkat tersebut tidak dapat diselamatkan.  Menurut sebuah penelitian, dari 75% perangkat LCD yang terjual pada akhir tahun 2009, hanya 7% yang termasuk TV Plasma.



10. ADOBE FLASH
"Jika Flash bekerja pada sebuah perangkat, telor pun bisa matang di atasnya", gurau Phillip Gronvold dari Opera mengenai  Flash yang boros daya listrik.  Tidak heran apabila boss Apple, Steve Jobs, meramalkan keruntuhan Flash di era yang seba mobile.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar